Rabu, 04 April 2012

Cara mendapatkan & memelihara iman

Bismillahirrahmanirrahim ♥ 


Assalamu'alaikum wr wb
 

CARA UNTUK MENDAPATKAN IMAN
======================
Banyak orang mengira ia orang beriman. Tetapi bila diuji keimanan mereka oleh Allah melalui shalat, ibadah, kesusahan, penyakit dan sebagainya, ternyata mereka sebenarnya tidak beriman yang sebenarnya. Mereka menyangka mereka beriman karena mereka beriman secara keturunan. Ayahnya Islam, maka dia pun Islam.
Iman harus diusahakan untuk memperolehnya. Bagaimana hendak mendapat Iman?

1.Melalui mujahadatunnaf.
Mujanadatunnaf adalah berjuang melawan hawa nafsu jahat dan melawan bisikan setan yang selalu mengajak dan mendorong kita ke jalan kejahatan.
Latihan-latihannya adalah melalui 3 tahap yaitu:
a) Takhalli: Takhalli adalah berusaha berjuang menghapus segala sifat-sifat jahat atau membersihkan jiwa kita dari sifat jahat atau mazmunah
b) Tahalli: Tahalli adalah mengisi jiwa kita dengan sifat baik (Mahmudah). Setelah kerja pembersihan selesai kita isi pula wadah (jiwa dan hati) dengan hal baik.
c) Tajalli: Peringkat Tajalli adalah tingkat merasa nikmat meninggal atau membuang sifat jahat dan merasa nikmat mengisi atau melakukan sifat baik dan merasa keagungan dan kehebaan Allah. Orang yang dapat membuang sifat-sifat jahat dan dapat pula menghiasi dirinya dengan sifat baik, Allah akan singkap hatinya dapat merasa nikmatnya beribadah dan nikmat senantiasa mengingat Allah dan selalu ingin membuat kebaikan.

2. Cara atau tingkat kedua adalah melalui mengerjakan amalan sunat. Terutama shalat sunat khususnya di waktu malam (shalat tahajjud). Selain dari praktek shalat sunat adalah puasa sunat, berdoa, baca Al Quran dan sebagainya.

3. Cara dan tingkat ketiga untuk mendapatkan iman adalah melalui tafakur. Tafakur atau berpikir atau merenung adalah salah satu cara mendapatkan iman. Khususnya merenung dan berpikir akan kebesaran Allah dan kehebatan serta hikmah sesuatu yang diciptakan Allah baik berbentuk benda (alam, bumi, bintang dan lain-lain) dan juga kejadian-kejadian ke atas diri kita seperti nikmat dan tes. Semuanya memiliki hikmah yang kalau kita renungkan akan mendapat iman.

Jelaslah bahwa iman harus diusahakan untuk mendapatkannya. Susah payah pasti akan diharungi. Pengorbanan harus dilakukan. Siapa yang memperoleh iman secara mudah, misalnya seperti orang Melayu yang memperoleh iman secara keturunan, biasanya sangat mudah pula mereka merusaknya. Siapa yang memperoleh iman secara susah payah, maka dipeliharanya iman mereka.

CARA MEMELIHARA IMAN
-----------------------------
Iman perlu dipelihara karena ia akan dirusak oleh nafsu dan setan. Dengan itu ada orang beriman yang kemudian jadi tidak beriman karena imannya telah dirusak. Cara memelihara iman:

1.Mengawal iman agar tidak rusak. Iman bisa rusak melalui Iktiqad seperti meragukan hadis Nabi, meragukan hukum dan hukum Islam dan sebagainya.
Kata atau ucapan seperti menghina Rasulullah, tidak yakin hukum Allah dan sebagainya. Perbuatan seperti melakukan perbuatan syirik, meminta pertolongan kepada selain dari Allah.

2.Menjaga Iman
Iman yang telah ada pada kita kena dikontrol dengan beberapa sifat diri kita.
Yakin pada agama Allah dan perintahnya Ikhlas dalam melakukan praktek. Misalnya shalat harus pada niat taat kepada Allah bukan karena menunjuk atau karena malu atau karena dipaksa. Selalu melakukan amalan sunat Istiqamah dalam ibadah. Ibadah yang kita lakukan harus berkelanjutan, bukan dikerjakan secara musiman, atau bila lapang baru buat. Beramal dengan penuh tertib dan khusyuk.


Wassalamu'alaikum wr wb